Langsung ke konten utama

Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu



foto rohingya_seorang ibu yang kehilangan bayi nya_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo


Konflik Rohingya merupakan konflik yang rumit yang tak kunjung usai hingga saat ini. Walaupun banyak yang beranggapan bahwa ini merupakan isu agama, namun sebenarnya ada banyak isu lain yang melatarbelakangi timbulanya gejolak di tanah perbatasan antara Myanmar dan Bangladesh ini. Konflik ini menyita perhatian negara-negara tentangga bahkan menyita perhatian dunia.
Sebagai manusia kita pasti bisa merasakan betapa menderitanya umat muslim Rohingya sana. 
Berikut adalah fakta dan sejarah singkat mengenai konflik Rohingya yang berhasil dirangkum.    

Tidak diakui sebagai warganegara di Negara kelahirannya sendiri

Semua etnis rohingya lahir dan tumbuh di Rakhin yang juga merupakan tanah negara Myanmar. Namun, dari 1.3 juta penduduk etnis rohingya muslim hanya sekita 40 ribu jiwa saja yang diakui sebagai warganegara, selebihnya dianggap tidak berstatus sebagai warganegara manapun. Jika ditelaah sejarahnya lebih jauh lagi, nenek moyang kaum rohingya adalah pendatang dari keturunan arab, moor, moghul, Bengali dan Indo-Mongoloid. Beberapa ilmuwan dan sejarawan juga sepakat bahwa mereka sudah menjadi suku asli di myanmar sejak abad abad ke-19 pada masa penjajahan Britania.


foto rohingya_pengungsi rohinya_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo.jpg


Kenapa pemerintahan tidak mengakui rohingya sebagai etnis di Myanmar?

Pemerintah beranggapan bahwa rohingya merupakan etnis turunan dari bengali (Bangladesh) yang merupakan negara tentangga Myanmar. Sayangnya, Bangladesh pun tidak mengakui etnis rohingya ini sebagai salah satu dari etnis di Bangladesh, ini menjadikan kaum rohingya ditolak oleh kedua negara sekaligus.

·         Dipaksa mengakui diri sebagai etnis Bangladesh

Pada tahun 1982, Pemerintah Myanmar mengeluarkan UU baru bahwa etnis rohingya akan diakui sebagai warganegara jika menunjukkan dokumen bukti bahwa nenek moyang mereka telah hidup di tanah myanmar sebelum tahun 1823, namun mayoritas masyarakat tidak bisa memenuhinya, walaupun nenek moyang mereka telah berada di Burma sejak ratusan tahun lalu, namun mereka tidak mempunyai bukti tertulis berupa dokumen resmi yang mendukung.
Akhirnya pemerintah menawarkan solusi baru: bahwa rohingya akan diakui sebagai warganegara bila Kaum Rohingya mengaku sebagai etnis Bengali (Bangladesh). Aturan ini tidak bisa diterima oleh masyarakat Rohingya Karena bila mereka diakui sebagai bengali mereka akan dianggap sebagai etnis ilegal di Myanmar.


foto rohingya_gadis cilik yang bersedih_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo.jpg

·         Tidak diperbolehkan menikah dan punya keturunan tanpa izin pemerintah

Hak untuk menikah dan mempunyai keturunan merupakan hak dan kebutuhan alamiah setiap manusia. Namun apa yang dialami oleh warga Rohingya? Tanpa seizin pemerintah, tidak satupun rakyat rohingya yang boleh menikah. Berdasarkan laporan dari 12 dokumen negara dari tahun 1993-2013 yang diteliti oleh Fortify Right, terdapat kebijakan pemerintah yang sangat berlebihan dalam membatasi kebebasan rakyat rohingya muslim. Pembatasan kebebasan ini termasuk menyangkut: pernikahan, jumlah keturunan, perbaikan rumah, dan perbaikan rumah ibadah umat muslim.


foto rohingya_sedihnya rakyat rohingya_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo.jpg


·         Dibantai dan disiksa oleh militer dan ekstrimist Myanmar

Penyiksaan rakyat Rohingya oleh para militer Myanmar merupakan tindakan keras yang dilakukan oleh militer yang berlangsung hingga saat ini. Penyiksaan ini, menurut PBB, merupakan salah satu penyiksaan yang paling kejam terhadap kaum minoritas. Tidakan kekerasan para militer ini termasuk pembunuhan, pemerkosaan, pembakaran, dan pembunahan terhadap anak-anak. Pembantaian besar-besaran ini tidak hanya dilakukan oleh militer saja, namun juga dengan bantuan masyarakat lokal penganut budha ekstrim. Walaupun mayoritas Rohingya adalah muslim, namun pembunuhan dan penyiksaan juga ternyata dirasakan oleh penduduk Rohingya yang beragama Hindu.


foto rohingya_kehilangan mata_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo.jpg


foto rohingya_seorang kakek yang kehilangan tangan_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo.jpg


·         Pelarian massal dan penampungan di Camp berbulan-bulan lamanya

Karena penyiksaan dan pembantaian yang tak berujung itu, mau tidak mau rakyat harus memilih antara menetap atau pergi dari Myanmar. Beberapa tertarik dengan tawaran dari beberapa oknum perdagangan manusia (human traficking) yang mengaku mampu membawa mereka menuju negara-negara tetangga dengan prospek yang bagus sebagai tenaga kerja asing. Oknum tersebut meminta sejumlah uang agar dapat melancarkan urusan mereka, namun malangnya, alih-alih mendapat pekerjaan, ada begitu banyak rakyat rohingya yang berakhir di tempat penampungan hingga berbulan-bulan lamanya. Lebih parah lagi ketika beberapa dari mereka (pengungsi) dibiarkan sakit, lemah, kelaparan hingga meninggal dunia. Sebuah camp perdagangan manusia di bagian selatan Thailand pada bulan Mei telah ditemukan dengan sedikitnya 30 mayat. Beberapa mayat didapati terkubur dalam kuburan yang dangkal dan beberapa hanya ditutupi kain dan selimut.


foto rohingya_pemuda yang kesakitan_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo.jpg
    
foto pengungsi_mayat yang terbengkalai di tempat penampungan_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo

·         Tidak disambut baik oleh negara tetangga

Bagaimana respon negara-negara tetangga mengenai isu ini? ternyata semua negara tetangga, termasuk: Malaysia, Bangladesh, Thailand dan Indonesia, menolak untuk menerima pengungsi rohingya yang ingin masuk ke negara mereka. Tentu saja ini merupakan berita buruk bagi rakyat rohingya yang ujung-unjungnya berakhir hidup berbulan-bulan dari atas kapal dari satu selat ke selat lainnya.


foto pengungsi rohingya diatas kapal_Fakta tentang Rohingya yang harus kamu tahu_lagaligo

Pada hari ini, terlihat banyaknya pengiriman bantuan berupa makanan, fasilitas kesahatan dan lain-lain kepada para pengungsi rohingya, namun tak satupun negara yang mau menerima rohingya. Walaupun dapat dipahami bahwa menerima pengungsi rohingya untuk masuk ke negara mereka akan menimbulkan masalah-masalah baru pada masyarakat, namun solusi baru harus segera ditemukan oleh para pemimpin negara tetangga tersebut demi kelangsungan hidup kaum yang minoritas rohingya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Musik apa yang paling susah untuk dikuasai? Ini urutannya

Pertanyaan ini sering kali terbesit di benak kamu yang lagi pusing memilih alat musik apa yang bagus dipelajari untuk pemula. Jangan salah pilih! Sesuaikanlah dengan tingkat kerumitan mempelajari instrument tersebut. Memilih alat musik untuk dipelajari tidak sama dengan seperti memilih kue di toko kue, untuk mendalami sebuah instrumen musik diperlukan komitmen, keseriusan, kerja keras dan waktu. Jangan sampai karena kamu sangat ingin bisa bermain saxophone hingga menghabiskan uang belasan juta dan akhirnya kamu menyerah karena kesulitan mempelajarinya. Untuk mempermudah kamu memilih instrumen yang tepat untuk dipelajari, ada baiknya kamu tahu tingkat kesulitan mempelajari instrumen tersebut, berapa budget yang dibutuhkan dan berapa lama komitmen waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya. Berikut ini adalah urutan ranking instrumen musik dari yang paling mudah dielajari sampai yang terumit. Beberapa dari kamu yang sudah pengalaman dalam mempelajari instrumen dibawah ini bi

Pengalaman Seleksi Masuk ODP Mandiri

Kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman masuk rekruitmen pegawai bank mandiri melalui jalur Officer Development Program atau disingkat ODP tahun 2017.  ODP mandiri adalah program akselerasi karir di bank mandiri. Ini memungkinkan kamu menggapai jenjang karir di industri perbankan dalam waktu yang relatif singkat, tentu saja ini kembali lagi tergantung dengan kemampuan dan kemauanmu dalam menggapainya! Seleksi masuk Bank Mandiri melalui tes ODP Bank Mandiri saat ini semakin bersaing, namun rangkaian tes-tes yang akan dihadapi jauh lebih sedikit dibandingkan tes ODP bank mandiri 3 atau 5 tahun yang lalu. Tes ODP bank mandiri yang akan saya share adalah rangkaian tes ODP mandiri terbaru yang sudah tidak menggunakan tes TOEFL maupun FGD atau LGD. Ceritanya, jadi setelah sekian lama melamar perkerjaan sana sini, saya mencoba memasukkan aplikasi permohonan pada program ODP mandiri melalui situs workable . Proses pendaftaran melalui workable juga memakan waktu y

FAQ Tentang ODP Mandiri

Sekarang kamu mulai tertarik untuk ikut ODP Mandiri? atau kamu sudah lulus semua seleksi namun masih memiliki pertanyaan mengenai ODP Mandiri? Good. Kali ini saya akan merangkum apa saja pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang-orang tentang ODP mandiri. Simak FAQ tentang ODP Mandiri dibawah ini. Berapa lama training OPD mandiri berlangsung? Training ODP Mandiri berangsung selama kurang lebih 1 tahun, dimana pada 6 bulan pertama kamu akan dipersiapkan dengan pengetahuan mengenai perbankan secara teori di dalam kelas. Selanjutnya pada 6 bulan selanjutnya kamu akan ditempatkan di unit kerja Bank Mandiri sebagai motode pembelajaran yang bersifat magang. Kamu akan mendapatkan pengetahuan seara teori dna praktek dalam training ODP ini. Berapa Gaji ODP Mandiri? Untuk angkatan saya, gaji/uang saku selama training adalah sebesar Rp. 5.800.000,00 (untuk rekruitmen diawal tahun 2017), gaji/uang saku akan berbeda-beda tergantung dari kapan kamu masuk ODP Mandiri. Gaji akan