Langsung ke konten utama

Alat Musik apa yang paling susah untuk dikuasai? Ini urutannya


Pertanyaan ini sering kali terbesit di benak kamu yang lagi pusing memilih alat musik apa yang bagus dipelajari untuk pemula. Jangan salah pilih! Sesuaikanlah dengan tingkat kerumitan mempelajari instrument tersebut. Memilih alat musik untuk dipelajari tidak sama dengan seperti memilih kue di toko kue, untuk mendalami sebuah instrumen musik diperlukan komitmen, keseriusan, kerja keras dan waktu. Jangan sampai karena kamu sangat ingin bisa bermain saxophone hingga menghabiskan uang belasan juta dan akhirnya kamu menyerah karena kesulitan mempelajarinya. Untuk mempermudah kamu memilih instrumen yang tepat untuk dipelajari, ada baiknya kamu tahu tingkat kesulitan mempelajari instrumen tersebut, berapa budget yang dibutuhkan dan berapa lama komitmen waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya. Berikut ini adalah urutan ranking instrumen musik dari yang paling mudah dielajari sampai yang terumit. Beberapa dari kamu yang sudah pengalaman dalam mempelajari instrumen dibawah ini bisa saja tidak setuju dengan daftar ini, jika ini tidak sesuai dengan pendapat kamu, silakan berikan masukan dan komentar yang membangun. Baiklah, ini adalah daftar ranking kerumitan alat musik yang berhasil kami rangkum.

10. ukulele



Mari kita mulai dari yang paling simpel dan paling populer! Ukulele adalah alat musik yang dalam keluarga lute instrument atau alat musik petik. Alat musik yang berasal dari Hawaii ini tampil dengan bentuk kecil dan mudah dibawa kemana-mana, sehingga sangat pas untuk dibawa saat bersantai atau wisata keluarga. Dalam mempelajarinya pun instrumen yang satu ini tergolong sangat mudah dikarenakan ia hanya menbutuhkan chord-chord yang sangat simple bahkan bagi kamu yang juga baru memegang alat musik. Harga ukulele ini berkisar dari Rp. 100 ribuan an hingga jutaan rupiah. Untuk mahir memainkan alat musik ini, diperlukan waktu sekitar 5 hari jika kamu pemula. Namun bagi kamu yang sudah mahir memainkan gitar sebelumnya, diperlukan waktu hanya 5 menit saja untuk bisa memainkan lagu lewat instrumen mungil ini. Mau tahu pilihan harga untuk ukulele ini? cek harga ukulele-nya di harga ukulele terbaru

9. Drum



Diperingkat selanjutnya ada instrumen yang termasuk dalam keluarga perkusi yaitu drum. Drum adalah salah satu instrumen tertua. Dalam memainkan drum diperlukan komitmen dan waktu yang lama dalam mempelajarinya. Bagi kalian penggemar alat musik perkusi, ini mungkin instrumen yang cocok untuk digeluti. Alat musik drum merupakan instrumen yang menyenangkan untuk dimainkan namun dibutuhkan banyak dedikasi dalam mempelajarinya. Jadi berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kamu bisa bermain drum? Seperti kebanyakan instrumen musik, tergantung niat kamu mempelajarinya. Jika kamu ingin mempelajari drum karena ingin menjadi drummer professional, maka dibutuhkan waktu bertahun-tahun unutk menguasai semua tehnik nya. Namun, jika kamu ingin sekedar mempelajari tehnik dasarnya saja, hanya dibutuhkan waktu sekita 30 menit saja untuk belajar kamu bisa memukul drum dengan tehnik dasar. Mengenai harga, instrumen ini tergolong mahal dengan kisaran 10 juta hinga 20 jutaan per-set nya, ayo cek harga disini. Menarik untuk menguasai drum? Pertimbangakan dulu biaya yang akan kamu keluarkan dan komitmen waktu yang bisa kamu berikan dalam mempelajarinya.

8. Gitar



Gitar adalah alat musk yang paling merakyat. Kamu bisa menjumpai orang bermain gitar diman saja, dari gang-gang kecil di dekat rumahmu hingga konser-konser besar yang kamu nonton. Instrumen ini sangat populer. Menguasai alat petik yang satu ini sebenarnya tidak terlalu sulit jika kamu punya pengalaman bermain instrumen musik lain sebelumnya, bahkan juga bagi kamu yang belum ada pengalaman musik sama sekali. Namun bagi pemula, kamu membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk bisa memainkan gitar dengan baik. Hal ini dikarenakan kamu harus mengembangkan kemampuan memegang grip dengan benar, kekutan jari-jari dan keterampilan dalam memulai untuk mempelajari instrumen ini. kamu akan membutuhkan waktu agar bisa menekan chord dengan tepat dan beralih ke chord lain dengan cepat sementara lagu yang kamu mainkan tetap berirama. Dalam mempelajari gitar, kamu akan menghadapi masalah seperti ujung jari-jari yang sakit akibat melepuh karena senar hingga sakit pergelangan tangan karena kamu belum terbiasa memegang grip gitar dengan tepat. Namun masalah ini akan hilang setelah beberapa hari kamu belajar instrumen ini. Untuk harga gitar sendiri, kamu bisa mendapatkan gitar mulai dari harga 250 ribuan hingga jutaan rupiah. Saran bagi kamu yang pemula, carilah gitar yang mempunyai kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau, variasi harga terbaru gitar bisa cek disini . Kamu bisa saja mendapati gitar yang sangat murah, namun jangan sampai gitar yang murah tersebut memiliki kualitas yang sangat buruk yang bisa menyebabkan tangan kesakitan hingga luka saat memainkannya.

7. bass



Banyak yang beranggapan bahwa menguasai bass jauh lebih mudah daripada menguasai gitar, namun beberapa orang beranggapan lain. Untuk mempelajari bass, kamu harus bisa memainakan gitar terlebih dahulu. Bass adalah instrumen yang menghidupkan musik itu sendiri. Mempelajari bass, kalau hanya sekedar menguasai teknis dasar saja saja tidak terlalu sulit jika kamu telah menguasai instrumen gitar, namun bagi kamu yang ingin mendalami bass, ceritanya lain lagi! Diperlukan banyak waktu dan komitmen untuk menguasai instrumen petik ini. Unsur bass yang penting dalam sebuah musik membuat pemain bass menjadi hal yang tidak bisa disepelekan. Lalu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk bisa memainkan bass? Jawabannya tergantung tujuan kamu. Jika kamu hanya ingin bisa bermain bass, maka diperlukan beberapa jam saja bila kamu adalah pemain gitar, tapi jika kamu ingin menjadi pemain expert, dibutuhkan belasan sampai puluhan tahun untuk mahir menguasai instrumen yang satu ini. Tertarik ingin beli instrumen keren ini? ayo cek harganya di harga gitar bass

6. Piano



Piano juga merupakan instrumen yang tua dan sangat umum dimainkan di berbagai momen dalam sejarah musik. Memainkan piano membutuhkan kemampuan kamu untuk memadukan tuts-tuts piano dengan kedua tangan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasai instrumen ini. Bagi kamu yang ingin menguasai instrumen ini, disarankan untuk mengambil kelas piano terlebih dahulu. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasainya? Berdasarkan cerita dari beberapa pianis professional, dibutuhkan puluhan tahun untuk menguasai instrumen ini! Untuk master dalam instrumen ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 10.000 jam praktis bermain piano. Untuk harga instrumen itu sendiri, kamu harus mengoceh kantung sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli piano sejenis keyboard elektrik. Jika kamu sudah mulai mahir dalam memainkannya, kamu mungkin bisa mempertimbangkan membeli grand piano yang harganya mencarapai ratusan juta rupiah. harga bisa dilihat disini.

5. Flute



Flute adalah salah satu jenis instrumen tiup. Instrumen ini menghasilkan suara musik melalui lubang-lubang kecil yang dibuka saat dimainkan. Seorang pemain flute bisa dikenal sebagai flautis atau flutenis. Berdasarkan pendapat flutenis profesional, jika kamu memutuskan untuk memilih flute untuk dikuasai, maka dalam masa satu tahun kamu akan bisa memainkan melodi dengan baik. Namun, seperti kebanyakan instrumen musik, jam terbang adalah faktor utama dalam menguasai semua instrumen. Dibutuhkan waktu sekitar 3 sampai 10 tahun agar kamu bisa digolongkan sebagai flutenis professional. Kamu bisa membeli flut dengan harga yang lumayan bervariasi dari Rp. 1.5 juta sampai Rp. 2.5 juta.

4. Saxophone



Pelajaran pertama dalam bermain saxophone adalah bagaimana cara meniup dengan benar. Bagi kamu yang baru pertama kali memegang instrumen ini membutuhkan waktu berjam-jam untuk meniup saxophone sampai benar-benar mengeluarkan suara! Beberapa orang bisa mengaku bahawa mereka mampu belajar bermain saxophone dalam beberapa bulan saja, namun ada juga yang mempunyai pengalaman bertahun-tahun praktis aga bisa memainkan instrumen tiup yang elegan dan berkelas ini. Yang pastinya, bagi kamu yang mau manjadi pemain yag profesional seperti Kenny G., kamu harus mengabiskan waktu seumur hidup mempelajari tehnik-tehnik baru dalam memainkan saxophone. Berdasarkan pengalaman dari beberapa pemain saxophone, tidak dibutuhkan waktu yang lama dalam menguasai instrumen ini. Kamu hanya perlu memiliki memori yang bagus dalam menghapal chord-chord nya. Bagi kamu yang sudah mahir bermain gitar atau sudah bisa membaca sheet musik mungkin akan sangat mudah dalam mempelajari saxophone. Memiliki saxophone berarti kamu juga harus mempunyai modal yang banyak, karena harga instrumen ini tergolong mahal berkisar dari 3 jutaan sampai belasan juta rupiah. Tertarik untuk membeli? cek harganya!
   
3. Trumpet



Dalam menguasai trumpet, sama halnya dengan saxophone, hal pertama yang harus kamu kuasai adalah bagaimana cara meniup instrumen ini dengan benar. Bahkan tehnik meniup instrumen ini lebih sulit dibandingkan saxophone. Untuk bisa menguasai instrumen ini, kamu memutuhkan waktu 3 sampai 5 tahun praktis. Namun beberapa mengaku dapat mempelajari instrumen ini hanya dalam beberapa jam saja! Tentu saja lagi-lagi ini tergantung bakat seseorang dalam bermain instrumen. Jika kamu tertarik untuk menguasai instrumen ini tentu saja kamu harus memiliki instrumen ini, Instrumen ini memiliki harga berkisar 1.5 jutaan hingga belasan juta rupiah. Harga bisa cek disini.
    
2. Harpa



Siapa yang tidak kenal dengan instrumen yang satu ini, instrumen ini sering di ilustrasikan dimainkan oleh malaikat bersayap. Perpaduan suaranya yang indah dan kerumitan instrumen ini membuat instrumen ini menjadi berkelas. Harpa termasuk instrumen petik, umumnya berwara emas dan berbentuk segitiga. Untuk menguasi instrumen yang satu ini kamu harus bisa menguasai tehnik-tehnik dasar yang bisa memakan waktu bertahun-tahun dalam menguasainya. Lalu apa saja tehnik dasar yang harus kamu kuasai? selain memiliki senar yang banyak, harpa juga memiliki tujuh pedal yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan nada. Selain itu kamu juga harus mengembangkan muscle memory dengan latihan yang sangat lama dan tentu saja kamu harus memiliki postur yang benar dalam memainkan instrumen ini. Harpa termasuk instrumen yang mahal, untuk memiliki instrumen ini kamu harus memiliki modal yang banyak yaitu sekitar 10 juta hingga 30 jutaan rupiah.

1. Biola



Biola merupakan instrumen dawai yang masuk dalam keluarga dari string instrumen. Biola memiliki 4 senar dan dimainkan dengan cara digesek. Bagi kamu yang ingin mempelajari instrumen ini, disarankan untuk mempertimbangakn banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli instrumen ini. dalam proses mempelajari biola, kamu akan merasa semangat di awal-awal, namun lama kelamaan kamu bisa frustasi dan depresi! Kenapa begitu? Karena instrumen ini sangat sulit untuk dikuasai. Walaupun kamu memiliki guru/pelatih, belum tentu kamu bisa mempelajari instrumen ini dengan cepat. Pada pelajaran pertama, kamu akan diajari bagaimana memegang biola dan memegang bow dengan benar. Hal yang membuat kamu frustasi dalam memainkan instrumen ini adalah tehnik menggesek senar biola dengan bow. Pada bulan-bulan pertama, kamu harus bersiap-siap mendengarkan gesekan senar dengan suara yang sumbang dan berciut karena kamu salah dalam menggesek senar. Dari banyak orang yang memilih untuk mempelajari biola, hanya sedikit saja bisa bertahan dan mampu konsisten memainkannya. Beberapa menyerah dan memutuskan untuk menjual kembali instrumennya dengan harga murah. Untuk harga instrumen ini lumayan terjangkau, dari kisaran 500 ribuan hingga jutaan rupiah. Ayo beli disini!


    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Seleksi Masuk ODP Mandiri

Kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman masuk rekruitmen pegawai bank mandiri melalui jalur Officer Development Program atau disingkat ODP tahun 2017.  ODP mandiri adalah program akselerasi karir di bank mandiri. Ini memungkinkan kamu menggapai jenjang karir di industri perbankan dalam waktu yang relatif singkat, tentu saja ini kembali lagi tergantung dengan kemampuan dan kemauanmu dalam menggapainya! Seleksi masuk Bank Mandiri melalui tes ODP Bank Mandiri saat ini semakin bersaing, namun rangkaian tes-tes yang akan dihadapi jauh lebih sedikit dibandingkan tes ODP bank mandiri 3 atau 5 tahun yang lalu. Tes ODP bank mandiri yang akan saya share adalah rangkaian tes ODP mandiri terbaru yang sudah tidak menggunakan tes TOEFL maupun FGD atau LGD. Ceritanya, jadi setelah sekian lama melamar perkerjaan sana sini, saya mencoba memasukkan aplikasi permohonan pada program ODP mandiri melalui situs workable . Proses pendaftaran melalui workable juga memakan waktu y

FAQ Tentang ODP Mandiri

Sekarang kamu mulai tertarik untuk ikut ODP Mandiri? atau kamu sudah lulus semua seleksi namun masih memiliki pertanyaan mengenai ODP Mandiri? Good. Kali ini saya akan merangkum apa saja pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang-orang tentang ODP mandiri. Simak FAQ tentang ODP Mandiri dibawah ini. Berapa lama training OPD mandiri berlangsung? Training ODP Mandiri berangsung selama kurang lebih 1 tahun, dimana pada 6 bulan pertama kamu akan dipersiapkan dengan pengetahuan mengenai perbankan secara teori di dalam kelas. Selanjutnya pada 6 bulan selanjutnya kamu akan ditempatkan di unit kerja Bank Mandiri sebagai motode pembelajaran yang bersifat magang. Kamu akan mendapatkan pengetahuan seara teori dna praktek dalam training ODP ini. Berapa Gaji ODP Mandiri? Untuk angkatan saya, gaji/uang saku selama training adalah sebesar Rp. 5.800.000,00 (untuk rekruitmen diawal tahun 2017), gaji/uang saku akan berbeda-beda tergantung dari kapan kamu masuk ODP Mandiri. Gaji akan