Langsung ke konten utama

FAQ Tentang ODP Mandiri


Sekarang kamu mulai tertarik untuk ikut ODP Mandiri? atau kamu sudah lulus semua seleksi namun masih memiliki pertanyaan mengenai ODP Mandiri? Good. Kali ini saya akan merangkum apa saja pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang-orang tentang ODP mandiri. Simak FAQ tentang ODP Mandiri dibawah ini.

Berapa lama training OPD mandiri berlangsung?
Training ODP Mandiri berangsung selama kurang lebih 1 tahun, dimana pada 6 bulan pertama kamu akan dipersiapkan dengan pengetahuan mengenai perbankan secara teori di dalam kelas. Selanjutnya pada 6 bulan selanjutnya kamu akan ditempatkan di unit kerja Bank Mandiri sebagai motode pembelajaran yang bersifat magang. Kamu akan mendapatkan pengetahuan seara teori dna praktek dalam training ODP ini.

Berapa Gaji ODP Mandiri?
Untuk angkatan saya, gaji/uang saku selama training adalah sebesar Rp. 5.800.000,00 (untuk rekruitmen diawal tahun 2017), gaji/uang saku akan berbeda-beda tergantung dari kapan kamu masuk ODP Mandiri. Gaji akan tertera pada kontrak saat kamu offering letter.

Berapa rupiah denda yang harus dibayar jika saya resign dari Mandiri?
Untuk yang satu ini jumlahnya lumayan besar. Kamu harus membayar denda sebesar Rp. 150 juta jika kamu resign dari ODP Mandiri selama ikatan dinas. Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum kamu menandatangani kontrak.

Kenapa ada denda yang harus dibayar jika saya resign?
ODP mandiri adalah program untuk mempersiapkan pegawai pimpinan Bank Mandiri. Jumlah denda yang besar ini tentu saja tidak sebanding dengan biaya training yang dipersiapkan oleh Bank Mandiri untuk calon pegawai pimpinannya. Karena ODP Mandiri merupakan salah satu training perbankan yang exclusive di Indonesia, tentu saja biaya yang dikeluarkan juga sangat mahal. Jadi intinya, uang denda ini adalah semacam uang yang harus kamu tebus sebagai biaya training yang lumayan mahal ini.

Berapa lama ikatan dinas pegawai ODP Mandiri?
Ikatan dinas akan berlangsung selama 3 tahun setelah pengangkatan. Pegawai training ODP Mandiri akan diangkat sebagai pegawai mandiri resmi setelah 1 tahun menjalani masa training ODP Mandiri.

Apakah ada kos-kosan di daerah LPPI Kemang?
Jawabannya: banyak. Di daerah Kemang LPPI sangat banyak kos-kosan sebagai tempat kamu menetap selama training berlangsung. Kos-kosan yang tersedia pun sangat dekat dengan LPPI yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki saja. Buat kamu yang mencari kos-kosan saat sudah tiba, di LPPI tersedia banyak kos di daerah belakang LPPI dan depan LPPI.

Berapa kisaran harga kos-kosan di daerah LPPI Kemang?
Karena di Jakarta biaya kosannya agak mahal dibandingkan daerah lain kamu harus pintar-pintar mencari kos-kosan yang pas dengan sakumu.  Untuk harga yang ditawarkan pun sangat beragam. Dimulai dari Rp. 600 –Rp. 800 ribuan untuk yang non-AC, dan Rp. 1 juta keatas untuk yang ber-AC.

Apakah submit CV di workable harus berbahasa Inggris?
Sebenarnya tidak ada larangan jika kamu ingin submit CV berbahasa Indonesia, namun untuk mendaftar di Bank Mandiri, sebaiknya menggunakan Bahasa inggris. Kenapa demikian? Karena Bank Mandiri lebih mengutamakan kandidat-kandidat yang mahir berbahasa inggris. Dengan di-tiada-kannya tes TOEFL pada tes ODP tahun ini, bagaimana perusahaan ini bisa mengetahui kalau kamu bisa berbahasa inggris? Buktikan dengan CV dan essay-mu yang berbahasa inggris!!! Belajarlah bagaimana cara membuat CV yang menjual! Semuanya tersedia secara gratis di internet.

Berapa lama saya akan dipanggil wawancara setelah tes SHL ODP Mandiri?
Hmmm,..sepertinya tidak ada waktu yang pasti kapan kamu akan dipanggil wawancara setelah tes SHL selesai. Pengalaman saya sendiri, saya menunggu sekitar 1 bulan untuk dipanggil wawancara setelah tes SHL, ada juga yang dipanggil dalam 1 minggu. Jadi ini merupakan rahasia tim rekruitmen ODP Mandiri.

Apa saja pertanyaan yang diajukan saat wawancara?
Simak pengalaman wawancara saya disini.

Apakah biaya pesawat saya saat offering letter ditanggung oleh Bank Mandiri?
Sayangnya tidak. Bagi kamu yang dari luar kota Jakarta, biaya pesawat kamu ke Jakarta tidak ditanggung oleh Bank Mandiri.

Saat menandatangani kontrak, apakah ijazah saya ditahan oleh pihak Bank Mandiri?
Tidak. Saat ini Bank Mandiri tidak menahan ijazah lagi. Ijazah akan tetap berada di tangan kamu saat kamu terikat kontrak dan ikatan dinas.

Adakah larangan menikah dalam kurun waktu tertentu untuk pegawai ODP mandiri?
Tidak ada. Didalam kontrak yang saya dapatkan tidak ada klausula yang melarang kita menikah baik ketika sedang dalam masa pendidikan maupun dalam ikatan dinas. Jadi kamu bebas menikah kapanpun setelah kamu diterima.

Saat tes kesehatan, apakah ada tes yang mengharuskan saya untuk membuka semua pakaian (telanjang)?
Tidak ada. Komponen tes kesehatan yang diberikan sangat standar mulai dari tes darah, tes pernapasan, tes USG, tes Urine, dan Jantung. Kamu tidak akan disuruh telanjang oleh perawat ataupun dokter.





Komentar

  1. Apakah dalam mengisi form pendaftaran odp bank mandiri harus di isi dengan bahasa inggris semua termasuk nama universitas dan alamat pelamar ?, mohon bimbingan dan jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa bahasa inggris aja mas semuanya.

      Hapus
  2. Apakah bagi Yang sudah menikah tidak bisa ikut pendaftaran odp ?
    Mohon infonya

    BalasHapus
  3. Apakah pengerjaan SHL harus dalam bahasa inggris?

    BalasHapus
  4. mas kalau ODP nya yg IT apa pendidikan di LPPI kemang juga?

    BalasHapus
  5. Permisi mau nanya, kalau pas offering letter itu kita masih bisa nego2 atau tinggal pilih bersedia/tidak? Kebetulan saya banking staff ngelamarnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Musik apa yang paling susah untuk dikuasai? Ini urutannya

Pertanyaan ini sering kali terbesit di benak kamu yang lagi pusing memilih alat musik apa yang bagus dipelajari untuk pemula. Jangan salah pilih! Sesuaikanlah dengan tingkat kerumitan mempelajari instrument tersebut. Memilih alat musik untuk dipelajari tidak sama dengan seperti memilih kue di toko kue, untuk mendalami sebuah instrumen musik diperlukan komitmen, keseriusan, kerja keras dan waktu. Jangan sampai karena kamu sangat ingin bisa bermain saxophone hingga menghabiskan uang belasan juta dan akhirnya kamu menyerah karena kesulitan mempelajarinya. Untuk mempermudah kamu memilih instrumen yang tepat untuk dipelajari, ada baiknya kamu tahu tingkat kesulitan mempelajari instrumen tersebut, berapa budget yang dibutuhkan dan berapa lama komitmen waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya. Berikut ini adalah urutan ranking instrumen musik dari yang paling mudah dielajari sampai yang terumit. Beberapa dari kamu yang sudah pengalaman dalam mempelajari instrumen dibawah ini bi

Pengalaman Seleksi Masuk ODP Mandiri

Kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman masuk rekruitmen pegawai bank mandiri melalui jalur Officer Development Program atau disingkat ODP tahun 2017.  ODP mandiri adalah program akselerasi karir di bank mandiri. Ini memungkinkan kamu menggapai jenjang karir di industri perbankan dalam waktu yang relatif singkat, tentu saja ini kembali lagi tergantung dengan kemampuan dan kemauanmu dalam menggapainya! Seleksi masuk Bank Mandiri melalui tes ODP Bank Mandiri saat ini semakin bersaing, namun rangkaian tes-tes yang akan dihadapi jauh lebih sedikit dibandingkan tes ODP bank mandiri 3 atau 5 tahun yang lalu. Tes ODP bank mandiri yang akan saya share adalah rangkaian tes ODP mandiri terbaru yang sudah tidak menggunakan tes TOEFL maupun FGD atau LGD. Ceritanya, jadi setelah sekian lama melamar perkerjaan sana sini, saya mencoba memasukkan aplikasi permohonan pada program ODP mandiri melalui situs workable . Proses pendaftaran melalui workable juga memakan waktu y