Langsung ke konten utama

Pengalaman Seleksi Masuk ODP Mandiri


Kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman masuk rekruitmen pegawai bank mandiri melalui jalur Officer Development Program atau disingkat ODP tahun 2017.  ODP mandiri adalah program akselerasi karir di bank mandiri. Ini memungkinkan kamu menggapai jenjang karir di industri perbankan dalam waktu yang relatif singkat, tentu saja ini kembali lagi tergantung dengan kemampuan dan kemauanmu dalam menggapainya! Seleksi masuk Bank Mandiri melalui tes ODP Bank Mandiri saat ini semakin bersaing, namun rangkaian tes-tes yang akan dihadapi jauh lebih sedikit dibandingkan tes ODP bank mandiri 3 atau 5 tahun yang lalu. Tes ODP bank mandiri yang akan saya share adalah rangkaian tes ODP mandiri terbaru yang sudah tidak menggunakan tes TOEFL maupun FGD atau LGD.


Ceritanya, jadi setelah sekian lama melamar perkerjaan sana sini, saya mencoba memasukkan aplikasi permohonan pada program ODP mandiri melalui situs workable. Proses pendaftaran melalui workable juga memakan waktu yang lumayan lama, dikarenakan saya harus mengisi essay tentang ‘pengalaman yang paling membanggakan selama ini’. Essay ini ditulis dalam bahasa inggris, ini membuat saya harus merancang ide serta memeriksa grammar dengan tepat sebelum saya submit. Akhirnya setelah saya mengirim permohonan, beberapa hari kemudian datanglah email pemberitahuan bahwa saya lulus proses administrasi!!! Sekarang saatnya serius untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Berikut urutan proses seleksi setelah proses administrasi.

 1.       Tes SHL

Di email saya diberitahukan bahwa saya lulus seleksi administrasi dan dilanjutkan ke seleksi berikutnya yaitu SHL. Tes SHL adalah semacam tes uji kemampuan akademik dan psikologi yang berbasis online. Untuk tes SHL ODP mandiri, kamu harus mempersiapkan diri mengikuti 4 ujian yang meliputi: uji penalaran numerik, uji penalaran verbal, kuesioner kepribadian dan motivation questionnaire. Semua tes tersebut berbasis online dan harus bisa selesaikan dalam tenggat waktu tertentu yang telah diberikan. Saya mendapat giliran tanggal untuk menyelesaikan semua tes tersebut. Tips saya, jangan asal ikut tes ya! kamu harus mempersiapkan diri dulu menghadapi soal-soal yang akan diberikan. Pelajarilah bagaimana model soal yang akan keluar. Kamu bisa mendapatkan banyak contoh soal SHL online disini.

Setelah saya menyelesaikan semua tes SHL online, saya tidak bisa langsung mengetahui berapa nilai dan tidak tahu apakah saya lulus atau tidak. Pengalaman pribadi saya, saya menunggu sekitar kurang lebih sebulan lamanya hingga akhirnya tim rekrutmen ODP Bank Mandiri mengabarkan hasil seleksi. Beberapa dari teman-teman saya mengaku bahwa tim rekrutmen menelpon mereka lebih cepat yaitu sekitar 2 - 3 hari setelah tes SHL. Namun ada juga teman saya yang menunggu hingga 3 bulan lamanya untuk mendapatkan telepon dari mandiri. Buat kamu yang sudah mengikuti tes SHL online ODP bank Mandiri mungkin harus banyak bersabar menunggu untuk ditelpon lagi. Pada saat saya ditelpon, tim rekruitmen ODP mandiri hanya ingin konfirmasi apakah saya bersedia untuk ikut proses selanjutnya atau tidak. Saya itu saya konfirmasi bahwa saya besedia mengikuti proses selanjutya, yang kemudian membawa saya pada seleksi berikutnya yaitu…

 2.       Wawancara

Sampai pada tahap ini, saya menjadi bertambah deg deg-an. Informasi waktu dan tempat wawancara disampaikan melalui email setelah saya mengkonfirmasi akan lanjut sesi selanjutnya. Sebelum wawancara ada beberapa dokumen yang saya harus siapkan dalam bentuk CD. Saya mendapatkan tempat wawancara di Makassar tepatnya di Kantor wilayah Bank Mandiri di Jl. Kartini. Sesampainya disana telah hadir 3 orang yang juga kandidat ODP bank Mandiri 2017, setelah berkenalan akhirnya satu persatu kami dipanggil untuk wawancara. Pada saat sesi wawancara ini berlangsung, diadakan juga tes SHL ulang untuk membuktikan bahwa tes SHL online yang dikerjakan kemarin adalah murni hasil kerja kandidat. Wawancara berlangsung kurang lebih 30 menit. Simak cerita detailnya dalam pengalaman ikut wawancara ODP Mandiri. Setelah wawancara, kandidat akan diberikan tanggal pengumuman untuk tes kesehatan. Bagi kandidat yang mendapatkan informasi tes kesehatan, artinya kandidat tersebut lulus seleksi wawancara. Tes kesehatan diadakan 2 hari setelah proses wawancara selesai.

       3.       Tes Kesehatan

Lulus seleksi wawancara bukanlah akhir dari segalanya. Ternyata ada juga kandidat yang tidak lulus tes kesahatan ini. Jadi jangan meremehkan ini ya! Sebagai persiapan saya dinasehatkan oleh dokter untuk puasa makan dan minum mulai dari jam 12 malam sampai keesokan paginya. Bagi kamu yang tidak bisa puasa selama rentang waktu ini, minum masih diperbolehkan kok jadi jangan khawatir. Tes kesehatan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu tes mata, tes darah, tes urin, tes pernapasan, USG dan tes jantung. Untungnya tes kesahatan ODP mandiri tidak terlalu ekstrim yang mengharuskan saya untuk telanjang, jadi jangan takut, siapkan saja dirimu sebelum tes kesehatan. Saran saya, jaga kualitas tidur yang baik sebelum mengikuti tes ini.

   4.       Offering Letter

Kurang lebih satu minggu setelah medical check-up, datanglah undangan offering letter yang berlangsung di Jakarta. Sampai pada tahap ini baru saya bisa sedikit lega, akhirnya segala proses seleksi masuk telah selesai. Proses offering letter dilaksanakan di kantor pusat bank mandiri yaitu plaza mandiri di Jl. Jendral Sudriman, Jakarta. Saat offering letter ODP Bank Mandiri tim rekruitmen menjelaskan segala persiapan sebelum saya mengikuti on-class training ODP Bank Mandiri. Training berlangsung selama kurang lebih 6 bulan yang terdiri dari on-class training dan On the Job Training.

Bagi kamu yang masih memiliki banyak pertanyaan mengenaik tes ODP Mandiri silahkan simak tulisan saya yang merangkum Frequently Asked Questions (FAQ) mengenai ODP Bank Mandiri. silahkan klik disini: FAQ tentang ODP Mandiri

Demikian dulu sharing pengalaman saya mengenai tes ODP mandiri 2017. Bagi kamu yang sedang menjalani proses seleksi semoga mendapatkan kabar baik dari tim rekruitmen Bank Mandiri. Selamat manempuh proses selanjutnya dan tetap semangat!   



Komentar

  1. Pengumuman hasil mcu ke offering letter biasanya diinfokan lewat apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Dian, Offering letter diinfokan lewat email sekitar seminggu setelah mcu.

      Hapus
  2. Tips apply online dong daeng untuk odp biar biar cepat di panggil. Oiya kenalkan saya risman daftar untuk wilayah makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tips ampuh, pastikan CV kamu tersusun rapi dan menjual, kalau bisa berbahasa inggris!!!!. yang kedua, saat menceritakan pengalaman yang tidak terlupakan jangan asal tulis, tulis dengan professional, rencanakan dengan baik2, periksa kembali grammar dan korelasi jawaban dengan pertanyaan. Kalau ada teman yang bisa menulis yang bisa mengoreksi lebih bagus. semangat!!!

      Hapus
  3. pengumuman lolos administrasi itu rentang waktunya setelah kita mengisi workable.com itu berapa hari mas?

    BalasHapus
  4. mas setelah tes shl online ke wawancara waktu itu berapa lama? thanks

    BalasHapus
  5. Halo kak.. sy baru ikut ODP bank mandiri.
    Sy mau nanya kak, ktika test wawancara atau selama proses menjalani test kita selalu pergunakan bahasa inggris? Atau hanya ketika di On-class training kita pakai bahasa inggris..

    BalasHapus
  6. Ingin menanyakan, untuk tes SHL apakah pengerjaan bahasa Inggris?

    BalasHapus
  7. email workable perlu di apain ya? bukan nya itu hanya record dari pertanyaan yang kita jawab?

    BalasHapus
  8. Hai kak, aku dapet undangan wawancara odp mandiri untuk tanggal 12 maret nanti, di dalam email diharuskan membawa berberapa persyaratan hardcopy dan softcopy, yang ingin aku tanyakan apakah jika belum punya npwp dan rekening mandiri bisa menyusul dibuatnya atau bagaimana ya? Terimakasih ka sebelumnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lolos proses seleksi kak? Sudah dapet kabar soal jadwal offering letter atau lain lain belum? thanks

      Hapus
  9. Kak mau tanya, jangka waktu antara info kalau kita sudah lulus semua tahapan proses seleksi dengan undangan untuk mengikuti jadwal Offering Letter dan Jadwal Training ODP itu berapa lama? Terima kasih

    BalasHapus
  10. Kak mau tanya, ada TB minimal gak buat daftar ODP Bank Mandiri ?

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Kak mau tanya kan ada syarat Fluent in English for both written and verbal communication...itu berarti apakah harus punya sertifikat toefl yg ada nilai tes wawancara berbahasa inggris juga?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Musik apa yang paling susah untuk dikuasai? Ini urutannya

Pertanyaan ini sering kali terbesit di benak kamu yang lagi pusing memilih alat musik apa yang bagus dipelajari untuk pemula. Jangan salah pilih! Sesuaikanlah dengan tingkat kerumitan mempelajari instrument tersebut. Memilih alat musik untuk dipelajari tidak sama dengan seperti memilih kue di toko kue, untuk mendalami sebuah instrumen musik diperlukan komitmen, keseriusan, kerja keras dan waktu. Jangan sampai karena kamu sangat ingin bisa bermain saxophone hingga menghabiskan uang belasan juta dan akhirnya kamu menyerah karena kesulitan mempelajarinya. Untuk mempermudah kamu memilih instrumen yang tepat untuk dipelajari, ada baiknya kamu tahu tingkat kesulitan mempelajari instrumen tersebut, berapa budget yang dibutuhkan dan berapa lama komitmen waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya. Berikut ini adalah urutan ranking instrumen musik dari yang paling mudah dielajari sampai yang terumit. Beberapa dari kamu yang sudah pengalaman dalam mempelajari instrumen dibawah ini bi

FAQ Tentang ODP Mandiri

Sekarang kamu mulai tertarik untuk ikut ODP Mandiri? atau kamu sudah lulus semua seleksi namun masih memiliki pertanyaan mengenai ODP Mandiri? Good. Kali ini saya akan merangkum apa saja pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang-orang tentang ODP mandiri. Simak FAQ tentang ODP Mandiri dibawah ini. Berapa lama training OPD mandiri berlangsung? Training ODP Mandiri berangsung selama kurang lebih 1 tahun, dimana pada 6 bulan pertama kamu akan dipersiapkan dengan pengetahuan mengenai perbankan secara teori di dalam kelas. Selanjutnya pada 6 bulan selanjutnya kamu akan ditempatkan di unit kerja Bank Mandiri sebagai motode pembelajaran yang bersifat magang. Kamu akan mendapatkan pengetahuan seara teori dna praktek dalam training ODP ini. Berapa Gaji ODP Mandiri? Untuk angkatan saya, gaji/uang saku selama training adalah sebesar Rp. 5.800.000,00 (untuk rekruitmen diawal tahun 2017), gaji/uang saku akan berbeda-beda tergantung dari kapan kamu masuk ODP Mandiri. Gaji akan